IT'S TIME TO SELULUP !!!




Sejujurnya saya bukan orang yang pandai berenang, nggak bisa malah. Tapi kalo diajak snorkeling? Wah! Langsung semangat!!! 

di bulan April lalu, saya dan 2 teman saya, Ujang dan Ryan (Semok) sepakat buat ke GILI KETAPANG, PROBOLINGGO. berangkat dari st. Gubeng pukul 04.25, dah tergesa-gesa karena sampe di stasiun mepet sama jam keberangkatan. Tapi, aman...




Sampai di St. Probolinggo tepat pukul 06.35. Masih sangat pagi untuk yang biasa bangun siang. Hahaha. Oke. Lalu apa yang dilakukan selanjutnya? Bingung karena emang nggak tau jalan. Akhirnya tanya deh ke tukang becak sekitar stasiun dan disarankan untuk naik becak atau angkot. Tapi pas kita liat di google maps kok kayaknya deket banget ama pelabuhan Tanjung Tembaga (pelabuhan penyebrangan menuju Gili Ketapang).

Akhirnya diputuskan "jalan kaki aja yuk, kan deket. itung-itung olahraga juga lah ya." Siap! Kalo buat saya pribadi sih itu deket banget. Tinggal kita keluar stasiun belok kiri, lalu sampai pertigaan besar belok kiri lagi ke jl. Ikan Belanak, kalo dah nemu pom bensin besar sebelah kiri jalan berarti kalian udah deket dengan pelabuhannya. Jalan sedikit lagi,  Setelah masuk pintu gerbang, beloklah ke kiri. Ikuti saja jalan tersebut sampai menemukan area parkir yang berada di kanan jalan. Sambil menunggu kapal berangkat, kalian bisa sarapan atau sekedar membeli teh hangat dan camilan di warung dekat sana.

Kapal siap menyebrang dan kita siap mengeksplor Gili Ketapang!!!

ini seinget saya, sandal sampe nyemplung saking gugupnya mau turun ke kapal.

Karna udah beli harga paket 85rindu. Kita mah tinggal santai aja. itu sudah include fasilitas penyebrangan PP berupa kapal (iyalah Far, masak getek), snorkeling, foto underwater, guide, dan tentunya makan siang setelah snorkeling. Asik!



selfie dulu


Sesampainya di Gili Ketapang, pertama-tama mampir dulu di Goa Kucing. Jadi goa tersebut merupakan petilasan sunan giri saat menyebarkan agama islam ke Gresik, Banyuwangi dan sekitarnya. Di dekat petilasan terdapat penginapan gratis yang biasa digunakan para peziarah. Kalian bisa bermalam disanajika mau, cukup memberikan uang seikhlasnya di kotak amal. 





view nya bagus

panas sekali

mereka nyeker



Puas berfoto-foto, kembalilah kita ke kapal untuk persiapan snorkeling. Oh iya, sekedar mengingatkan, buat kalian yang mampir ke Goa Kucing sangat dianjurkan untuk memakai alas kaki, jangan nyeker! Selain panas, tanah disana banyak dipenuhi pecah belah, bahaya tsay! tapi kalo kalian sakti ya silahkan nyeker aja.

Oke, lanjoooot !!!
Siap snorkeling deh kita bareng ikan - ikan cantik disana. Jangan lupa gunakan sunblock, jangan hanya di tangan dan kaki saja, leher dan wajah juga harus dioles. Mandi sunblock dulu kalo bisa, karena panas disana, ehm, panas banget nget nget. 







Buat kami yang sudah beli paket 85rindu tadi sudah disediakan fasilitas untuk snorkeling. Tapi kalo kalian nggak pengen snorkeling ya gapapa, menurutku sih ya rugi. Dah sampe sana ya wajib snorkeling. Nggak bisa renang? Jangan takut. Cukup ngambang doang sambil liat bawah aja dah cukup kok. Aduh jadi ketawa ngebayanginnya. Tapi tenang, disana guide nya baik dan ramah loh, saya yang nggak bisa renang aja dengan sabarnya mereka mau menuntun ke jalan yang benar, halah. Maksutnya membantu saya berenang begitu. Terus nanti ada sesi foto dimana kita semua wajib nyelem dan foto bareng tulisan "FINDING NEMO GILI KETAPANG". Ya, buat mereka yang jago selulup sih woles aja, tapi saya? Butuh waktu lama untuk masuk ke dalam air, karena tiap mau difoto eh badannya naik lagi ke atas. Sampek sesek nih idung. Badan dicelup-celup udah kayak nyeduh teh celup aja.
ngambang gini sist





Setelah puas selulup - selulup, mentas lah kita dan naik ke kapal lagi. Dah berasa jadi duyung, di air selama hampir 2 jam. Oke. Kapal menuju pusat Gili, disana disediakan toilet dan kamar mandi, serta ayunan, dan aneka warung makan. Sebagian besar warung makan disana meyuguhkan menu ikan bakar. Tapi sekali lagi buat yang sudah emngambil harga paket, bisa tinggal mandi dan ganti baju saja karena para koki sudah pasti menyiapkan makan. Menunya sederhana. Nasi, ikan bakar + sambal kecap. Tapi nikmatnya, alhamdulillah. Apalagi di makan dalam keadaan kita selesai berenang tentunya perut sangat lapar. Makin nikmat udah. Kalo gak salah saya udah ambil ikan bakar untuk ketiga kalinya. Laper, eh doyan juga sih. Tapi jangan berlebihan dan terlalu kenyang ya, Karena nanti pulang masih harus naik kapal, takurnya malah mabok laut.

kenyang abis makan

Selesai makan, sambil menunggu team kapal yang lain siap-siap. kami bertiga memutuskan untuk mengambil gambar lagi. Yah, kapan lagi ada pemandangan se-menyenangkan itu. Pasir putih, Laut lepas, Birunya Langit. Mantap jiwa.













Kembali ke kapal !
Yuk saatnya kembali ke tanah Probolinggo. Saat itu cuaca mendung, sambil harap-harap cemas berdoa semoga gak hujan, perjalanan dimulai. Ada yang asik liat pemandangan, ada yang ngelamun, ada yang tidur, padahal saat itu ombak lagi gede-gedenya. Hampir 30 menit akhirnya kapal hampir menepi dan bersandar. Dah deket pelabuahn tuh, eh hujan deres. Paniklah kita, tapi bisa apa selain menunggu kapal sampai.

mendung gan

pulang


Sesampainya di pelabuhan , kembali jalan kaki lah kita menuju stasiun, tapi di tengah perjalanan kita ditebengin dong ama mas-mas di pelabuhan tadi. Alhamdulillah rejeki. Sudah berkumpul di stasiun dan masih ada waktu sampai jam keberangkatan 19.02 , makanlah kita di warung bakso di dalam stasiun. Baksonya enak, serius. Sampe mikir "mau main kesini lagi ah, makan bakso doang". Oke. Laper bingung, kenyang bego. Suka gitu emang.

Pukul 19.02 kereta Probowangi jurusan st. Gubeng Surabay siap berangkat dan kami bertiga juga siap untuk tidur pulas di dalam kereta. Tepat 21.08 kereta sampai. Pulanglah kita ke rumah masing-masing dengan masih kebayang asiknya snorkeling di Gili Ketapang.




Ah, menyenangkan emang kalo mengingat tentang sebuah perjalanan.


Sampai ketemu di perjalanan selanjutnya..





With Love,
Far