“Warda, nak pegi Langkawi Warda”
“Ah jom a Far, bila?”
“jap, tengok harga tiket dulu?”
“Boleh lah tuh, Warda tunggu kat sini ye Far”




Cuplikan chat itu nggak akan saya lupain. Bener emang, kalo kita punya niat baik, jalan selalu ada. Pun rintangan. 

Siang itu di hari Kamis cuaca terik dan Far masih ingat betul gimana gugupnya pertama kali naik pesawat sendirian. Haha nggak sepenuhnya sendirian karena pasti ada penumpang lain. Paham kan maksut Far? Paham lah yaa..

12.30 Far dah otw ke bandara Juanda terminal 2, terminal Internasional. Jangan tanya naik apa. Far bawa motor sendiri dong hahaha selain hemat biaya, hemat waktu juga. Awalnya mau naik taksi online sih tapi last minute akhirnya Far putuskan untuk naik motor. Koper ditali di belakang Far. Isi koper itu pun titipan temen di Malaysia yg beli kain. Baju-baju ada dalam tas ransel warna merah yg senantiasa menemani kemana saja. Ceilah.

Sebelum ke bandara Far sempetin mampir ke kantor ayah Ayip dulu minta sangu. Gak deng, nitip baju kotor doang. Hahaha.. terus nih perjalanan ke bandara Far bawa motor dah macam kurir, salip sana sini sambil bonceng koper :’) nyampek bandara karena duit rupiah udah berupa Ringgit Malaysia (RM) niat mau beli roti boy pupus sudah. Ada sih, 2000 doang buat apa.

Nih yg bikin nyesek, waktu mau check in bagasi, ada booth maskapai yg Far naiki ambil alih koper, kira mau ngapain ternyata di wrap. Putar putar putar ... 
“50.000 mbaa..”
“What?” - ini aing yg bego apa dia yg curang sih, nggak bilang dari awal KALO BAYAR. 
“Bentar yaa mas..”
Wes terlanjur di wrap masak mau dibongkar gegara gak ada duit, gengsi dong. Far cari lah money changer, sebagian RM far tukar menjadi 50.000. Sambil balik ke booth sambil ngebatin.
“Pinter juga trik marketing mereka yaa..”

Mumpung beli bagasi 20kg dan ada spend space banyak, tas ransel pun masuk juva dalam bagasi. Lumayan, pundak enteng dikit. Sambil nunggu pesawat, tau nggak Far mikir apa? Yo gak eroh lah..
“Subhanallah, ini serius Far pergi Malaysia lagi taun ini? Perasaan baru kemarin Maret pergi bareng Fitri sama mas Ali, sekarang dah pergi lagi?” -lalu bangga dengan diri sendiri. Hahahaha..



Naik pesawat, take off.. Daaaaaaaan....
Sampailah Far di KLIA 2 Malaysia jam .
Bagaimana perasaan Far? Campur aduk. Seneng, bangga, gak nyangka, kaget, dll. Akhirnya Far berhasil menaklukan rada takut Far. Apa itu? NAIK PESAWAT SENDIRIAN KELUAR NEGERI. Pecah telor dah.

Belajar banyak dari pengalaman sebelumnya yg waktu nyampek KLIA bingung cari pintu keluar, yg ini ya tetep aja bingung tp macak tegar. Pokoknya kalo di tempat asing jangan keliatan bingung, dibawa santai aja walaupun dalam hati ndredeg.

Setelah Zul, suami Warda jemput Far menuju rumah mereka Far makin nggak percaya. “Oh My God, seriously Far dah disini lagi” khan maen senengnya jumpa Warda. 

Malam itu nggabisa langsung istirahat karena jam 11 Far dan Warda harus naik bus pergi ke Langkawi. Setelah selesai makan malam, Zul antar kami pergi ke TBS, Terminal Bersepadu Selatan. Sampe TBS Far dan Warda jumpa Aida dan Nurul. Berempat kami berangkat ke Langkawi. 

Dengan modal bismillah dan barang bawaan, berangkatlah bus tepat pukul 11. Orang sana bener-bener ontime. Terbaek emang. Btw, perjalanan dari KL menuju pelabuhan memakan waktu 5-6 jam. Iya, hampir sama kayak Surabaya Bali. Tapi... tapi nih ya, naik bus di Malaysia Far nggak mabok kalo di Indonesia Far selalu menghindari perjalanan via darat naik bus. Kalo ada kereta Far lebih milih naik kereta. Tapi kali ini 6 jam perjalanan pun Fr tidur aja nggak ada mual sama sekali.

Oke next. Pas sampe di Pelabuhan, antrian tiket kapal feri dah panjang. Niat hati naik feri yg jam 7 eh dapetnya jam 10. Lumayan..... lumayan suwi maksut e. Apa yang kami lakukan? Makan doooong.. untung pagi-pagi disana dah ada kedai yang buka. Kedai tuh warung. Karna di Indonesia kwetiaw yang enak adalah hal yang langka, Far pun order. Minumnya? Jelas teh tarik lah hahaha kalo bisa selama 6 hari minum teh tarik terus. Di Malaysia teh tariknya enak. iyolah Far, khas e kok.


                     

Selesai makan ternyata masih banyak waktu. sambil nunggu feri, kami berempat di ruang tunggu main hp sendiri-sendiri. Ho oh, generasi pemalu. Ndingkluk terus pokok e. Mau tidur juga nggak bisa, ramai orang soalnya. Sampe jam 10 kurang ya main HP aja kerjaannya. Dah mau naik kapal, tau nggak apa yang terjadi? Ada temen Far di Indonesia yang order tahu walik. Woyooooo, order goseng di atas laut dah akhirnya. Untung berhasil. Selak adem tahu e wis digoreng gak dipangan-pangan.

Nyampek Langkawi juga ye akhirnya. Makin makin nggak percaya. Mimpikah saya? Berkhayal kah saya pemirsa.. ternyata emang engga. Kami beneran dah sampek Langkawi. Pelabuhan disana apik, bersih, menyenangkan lah. 



Setelah selesai urusan administrasi persewaan kereta, saatnya kami jalan-jalan. Iya disana mobil manggilnya kereta. Dulu kala Far bingung waktu temen-temen disana bilang,
 “ye lah tengah jem nih, kereta semua tumpah ruah kat jalanan”.
Heh? Sepur-sepur lewat dalan gede? Lah kok ternyata sing macet kuwi mobil.

Oke skip. Waktunya kami menyusuri jalanan pulau Langkawi yang jauh dari kata kotor. Itulah yang Far suka dari Negara Malaysia. Bersih. Semoga Indonesia segera menyusul dalam hal kebersihannya. Amin. 

Karna nyampe Langkawi dah siang akhirnya kami putuskan menuju hotel dulu buat mandi dan prepare pergi ke wisata cable car. Tapi sebelum itu kita lunch dulu sobat, di salah satu pinggiran pantai. Ajiiiiib, lunch with a view ini mah namanya. Hahhahah.



Karena Warda dah sering naik cable car, kami bertiga lah yang akhirnya naik. Warda mana? dia nunggu di parkiran, dalam mobil. Spend time yg harusnya 1 jam udah cukup buat naik cable car sekaligus liat pemandangan Langkawi dari ketinggian, malah molor jadi 3 jam. Ruame orang, jadi wahana nya pada antri. 

Naik cable car nih harus bayar RM40 per orang untuk pemegang KTP Malaysia, untuk turis lebih mahal. Karena wajah Far nggak ada turunan bule alhamdulillah Far dapet harga lokal. Lumayan loh RM45. Kalian harus tau kalo wahana cable car ini sangat amat sangat Far suka. Bisa ngeliat yang ijo dan biru sekaligus dari ketinggian adalah hal yang luar biasa. Bikin Far banyak bersyukur. Betapa Tuhan menciptakan alam dengan indah sedemikian rupa. Oposeh Far.


 

Sampai di atas, ada jembatan namanya .. harus bayar RM15 untuk menuju jembatan tersebut. Terbayar lah RM15 itu dengan pemandangan yang.... ah Far sendiri sampe ngga bisa ngomong, bawaannya geleng kepala mulu. TAKJUB! uwapik pol pokok e.



Selesai naik cable car niatnya ke air terjun, tapi karena kesorean akhirnya kami putuskan buat langsung ke rooftop cafe untuk mengejar sunset. Lagi dan lagi Far dibuat terpana dengan keAgungan Tuhan. Istimewa sunset disana.



Setelah puas ngeliat matahari terbenam kami kembali ke hotel dan prepare untuk makan malam. Sekaligus karaoke. Hahaha iya disana masih sempet karaoke. On emang para wanita ini. Lucu klo pas dengen mereka nyanyi lagu Indonesia. Lagu apa tebak? ..... dikocok-kocoknya Inul Daratista. Far nggak lagi bercanda. Antusias dong mereka. Indonesia patut bangga.



Jam 1 kami cabut dari tempat perhelatan (karaoke) untuk rehat karena jadwal besoknya akan jauh lebih padat mengingat sempitnya waktu.

Jam 8 semua dah bangun, mandi and then pergi sarapan di depan hotel. Far makan roti aja, takut mules nih di tengah laut nanti. Soalnya jadwal hari ini adalah berenang. Di laut dan di sungai dan di air terjun. Mantul bukan? Bukan.. soalnya Far nggak bisa berenang. 

Tujuan pertama adalah Pulau Beras Basah. Kenapa dinamakan beras basah? Karena dina lapar. Pantai nya bagus banget karena pemandangannya selain laut lepas, masih ada lagi gugusan pulau kecil-kecil menghiasi. Puanas gelaaaaak karena emang Malaysia lagi ujan jd panas. Lah.



Tujuan kedua adalah Tasik Dayang Bunting. 

Kalo mau berenang harus ngelewatin anak tangga naik dan turun bukit lalu berjumpalah kami dengan beribu-ribu pemandangan yang Subhanallah nggak ada habisnya. Meskipun Far nggak bisa berenang tapi Far tetep masuk ke air karena peraturan disana harus pake jaket pelampung, sewa seharga RM 2. Murah, 8000 an lah.


  



Tujuan ketiga adalah melihat habitat asli Elang disana. Makanya nama pulau itu Langkawi. Emboh. Banyak banget Elang gede-gede berterbangan. Lagi-lagi Subhanallah, nikmat Tuhan mana lagi yang kau dustakan.

Eh bentar kayaknya kebalik deh, tengok Elang dulu abis gitu ke Dayang Bunting. Hahaha maaf ya gengs. Gini kalo ngetiknya sambil melek. Melek nahan kantuk.



Lalu kembali lah kita ke pantai asal dan pergi ke hotel untuk kemudian menuju ke air terjun. Tema hari ini adalah air. Jangan heran balik ke Indonesia liat betapa legamnya lengan Far padahal berangkat masib putih. Oh iya, sebelum ke air terjun tub kami berempat lunch dulu isi tenaga. Makannya di pinggir pantai lagi loh, istimewa.



Sampe di air terjun, tiduran diarus nya, asik dah. Tidur di air. Seronok. Gak inget kulit dah item, bodo amat yang penting happy. 


      

Setelah itu kami pergi ke pusat oleh-oleh. COKLAT !!! Yay !! Di Langkawi, coklat bisa murah banget karena nggak kena pajak. Tapi tetep aja jatohnya mahal kalo belinya abis 300.000 hahhaahha kalap booooook. Dark chocolate pada menggoda. Pait sih rasanya, tp masih pait hidup ini. Halah.

Abis kulak coklat mau liat sunset nggak keburu akhirnya pergi ke pasar malam kala sore hari. Bingung kan? Sama. Disana Far beli ayam macam shihlin yg harganya kalo di rupiah cuman 25ribuan dah dapet sampe tulang-tulangnya juga. Muantep get! Makanan berkedok caminan yg paling Far suka klo pergi pasar malam di Malaysia. 


     

Pulanglah kami ke hotel karena dah bungkus makanan dan rencananya malam ini cuman jalan di pinggiran pantai dan pergi masaj. Far jelas engga. Geli coy. Bisa-bisa pas dipijet malah ngakak gak karuan. Hotel kita di pinggir pantai jadi jalannya di pantai. Gempor dah kaki, tapi pake koyo aja dah cukup, gak usah pijet. Biar mereka yang pijet dan kami kembali ke kamar dengan perasaan senang.

Hari terakhir di Langkawi nggak banyak yang dilakukan karena flight kami berempat siang, takut kelewat. Cuman breakfast terus ke pantai tengah dan pergi lunch. Haha pantai tengah, lupa Far apa nama dia. Bagus pokoknya buat foto soalnya ada wit kelopo. Lalu pergilah kami ke airport.





  


      



Ada yg lucu nih pas di airport. Karena Far dan Warda 1 flight, bagasi kami yang paling banyak karena pemborongan coklat kemaren. Asli, berat. Sampe airport, Aida dah take off sisa Far, Warda, Nurul. Karena pikirnya mau lepak bentar minum kopi, keasyikan lah kami.
“Far, flight kita kol brp e?”
“Boarding 14.45 take off 15.10”
Terus kami sama-sama liat jam. 14.50. Ambyar !!! Playon gak karuan sampe tas isi coklat tuh yg harusnya masuk bagasi dah nggak bisa karena dah close. Akhirnya kami bawa ke atas pesawat, beratnya kek gendong badan sendiri padahal dah berdua bawanya. Sampek jebol sampek rusak kabeh hahaha welek lah pokok e akhir e tas itu. Akibat tangan siapa? Tangan saya dong. Maaf yaa Warda. Coklat itu kita bawa naik pesawat, karena terlalu berat kalo ngangkat ke atas kabin akhirnya kita taroh bawa kursi penumpang. Koyok numpak bus. Asli, waktu itu setelah rush kami saling pandang lalu ngakak. Klo kata orang Surabaya “LONGOR POL”. Anw, itu first time Far naik pesawat baling-baling. Eheh serem. Tak terlupakan. 

Sampe di Bandara Subang niatnya abis taroh barang di rumah dan makan kami pergi Sunway Lagoon. Tapi karena tragedi lari-lari ngejar pesawat, penat lah kami. Tapi seneng. Bahagia. Tidur dengan senyum mengembang. Ngowo.

Paginya Far bangun jam 8 karena harus jumpa temen-temen di KL. Sebenernya banyak temen disana tapi karena itu hari Senin dan mereka semua kerja, pagi itu Far jumpa Shah dulu, dia cuti. Nasib baik ada kawan. Pergi keliling KL naik LRT, RapidKL bus yang gratis. Sampe jalan kaki dari bukit bintang ke KLCC. Capek? Masih lebih gede rasa senengnya lah. 




     

Seharian keliling KLCC-Bukit Bintang, akhirnya boring juga kami. Lalu tiba-tiba kepikiran "kenapa gak ke Genting Highland aja ya". jam 5 petang kami cabut menuju Genting. Kesalahan sih, kenapa gak dari tadi aja gitu loh, malah plonga-plongo liatin air mancur di area KLCC. 

Karena perjalanan ke Genting naik bus makan waktu sekitar 1-2 jam, nyampek sana otomatis udah malem dong. Daaaaaaaaaaaaan, kalian tau? Bus terakhir Genting menuju KL ternyata berangkat 30 menit setelah kami sampai di Genting. Yup! ke Genting cuman numpang lewat doang. Malu sendirir juga sih kalo diinget-inget, ngapain gitu loh. Tapi gapapa lah, itung-itung pengalaman. Jadi next time kalo mau ke GEnting lagi jadi tau harus gimana. 

Karena gagal bersantai ria di Genting, sesampainya di terminal pemberhentian kami memutuskan makan. Dijemput dengan salah satu temen yang ternyata udah stand by, kami akhirnya makan di DINING STREET FOOD. Far dan temen-temen milih makan NASI AYAM KUNYIT. Kalo buat Far, porsi nasinya banyak banget, asli. Tapi kata temen Far, itu adalah porsi standart orang sana (Melayu). Dengan beberapa potong ayam goreng beserta bumbu kunyit tentunya. di Indonesia ini sih ayam goreng biasa, bedanya cuma ada tambahan sayur dan bawang bombay nya aja. Dan ini nih yang bikin Far suka sama NASI AYAM KUNYIT, kalian tau apa? SAMBELNYAAAAA. meledak! enak banget, kalo buat Far sambelnya pedes, tapi buat orang sana sambelnya pedes banget. Emang beda selera sih ya.



Selesai makan, gak langsung pulang dong kita, salah sendiri ditawarin.
"mau kemana Far?"
"aku pengen liat KL dari atas tp gamau dari KLCC"
"ok lah, jom!"

Melewati jalan berkelok-kelok yang lumayan jauh dan panjang. Ternyata Ejam (kawan 
Far) ajak kita buat pergi ke BUKIT AMPANG. Bukit Ampang nih kalo di Indonesia bisa diibaratkan kayak Bukit Bintang dimanapun berada. Batu, Jogja, Bandung, dan beberapa kota di Indonesia selalu punya Bukit Bintang nya sendiri kan? Nah di KL tuh juga ada ternyata dan asiknya gak jauh dari tempat tinggal Warda.

Pemandangannya? Jangan ditanya bruuuuuh... SO WAW!! kalian harus kesini kalo pas lagi di KL! HARUS! Sebenernya biasa aja sih kalo buat yang gak doyan pemandangan malam yang cuman keliatan lampu-lampu doang dari atas. tapi buat saya ini sungguh keren karena bukan Indonesia kali ya. bisa liat KLCC dari jauh, liat lampu-lampu kota yang jauh lebih banyak. Tapi yang pasti keseruan bareng mereka juga gak akan pernah Far lupain.




Sampe jam 2 pagi waktu setempat kita asik lepak disana, pulang deh. Sampe rumah gak bisa langsung tidur. apa yang dlakukan? Packing dong. kenapa packing? Karena saya kalo packing makan waktu yang cukup lama, jadi mendingan dicicil dari sebelum tidur biar pas mau balik gak keteteran packing nya. hampir 2 jam mengepak barang, bongkar pasang, pokoknya harus diakalin biar bagasi nggak over load karena emang gak beli bagasi. Ngirit booook, harga 20kg bagasi bisa dapet tiket promo sekali jalan dong.

Paginya karena semalem tepar abis packing, bangun-bangun udah jam 10 aja. Hahaha ini di negara orang loh Far, kok malah woles-woles ae sih. Ya gimana emang hari terakhir sengaja gak ngerencanain mau pergi kemana, pengennya ngopi woles sambil baca buku gitu, eh kok pas nyalain TV ada film bagus, nangkring deh depan TV sampek waktunya pulang. Prepare, packing barang sisa, istirahat bentar sambil nunggu Warda pulang buat anter Far ke KLIA2.

Karena 18.15 harus udah boarding, berangkatlah kami ke bandara sekitar jam 4 sore. Kalo nggak macet sekitar 45 menit udah sampek, kalo macet yaaa sejam-an lah. Lumayan jauh juga dari kota. Flight terbang 19.15 tepat. Di pesawat ini Far nulis artiketl kali ini. Mumpung ingatan masih amat sangat fresssssh jadi sekalian aja dibikin. Sesampainya di Surabaya as always tolah toleh clungupan karna ngga ada yang jemput. Hahaha yaiyalah orang bawa motor sendiri. Oke, Go Home !!!



Said goodbye to your travelmate after the long journey is a sad time, but waiting for the next journey after that will make you so impatient to do it all over again.

SEE YOU MALAYSIA !!!